Blogger Widgets
Hatsune Miku

widgets

Senin, 13 Mei 2013

cara mengatasi mentruasi bagi wanita





Nyeri haid atau dismenorrhoe adalah nyeri kejang otot (spasmodik) diperut bagian bawah dan menyebar kesisi dalam paha atau bagian bawah pinggang yang terjadi menjelang haid atau selama haid akibat kontraksi otot rahim.

Bagi sebagian besar wanita, nyeri datang bulan dah jadi langganannya setiap sebulan sekali, iya kan? Kalau agan-agan ga tau deh 
Ada juga nih nyeri datang bulannya sampai menganggu aktivitas di kantor, sekolah, maupun di kampus. Bahkan tak jarang sampai ada yang membolos kerja, ngampus atau sekolah hanya karena nyeri datang bulan ini 

Apakah nyeri datang bulan itu hanya sakit pada perut bagian bawah saja? 
Ternyata tidak lo  Nih keluhan nyeri datang bulan tu berupa:

Quote:- Muntah dan mual
- Rasa capek/letih
- Sakit daerah bawah pinggang
- Perasaan cemas dan tegang
- Pusing kepala dan bingung
- Diare

Sista-sista biasanya yg mana?


Sebelum ane kasih tips mengatasi nyeri datang bulan ini, ane kasih dah penyebab nya dulu. Cekidot
Quote:PENYEBAB NYERI DATANG BULAN
Quote:1. Terjadinya konstraksi rahim karena lepasnya dinding rahim akibat peningkatan prostaglandin.
Quote:2. Faktor hormonal
Hormon progesteron melepaskan sel telur matang setiap bulan. Hormon tersebut memperbesar ketegangan mulut rahim hingga lubang mulut rahim menjadi sempit, akibatnya otot-otot rahim lebih kuat berkontraksi untuk dapat mengeluarkan darah haid melalui mulut rahim yang sempit. Kontraksi otot rahim yang menyebabkan kejang otot yang dirasakan sebagai nyeri. Keluhan nyeri haid berkurang atau malahan hilang setelah kehamilan atau melahirkan anak pertama. Hal ini karena regangan pada waktu rahim membesar dalam kehamilan membuat ujung-ujung syaraf dirongga panggul dan sekitar rahim menjadi rusak.

Quote:3. Psikis atau kecemasan berlebihan. Maka tidak heran apabila emosi wanita sering susah ditebak. Kadang kala begitu tegar menghadapi berbagai masalah dan cobaan namun kali lain begitu rapuh menghadapi masalah yang sepele saja. Info buat agan-agan nih 


Mencegah lebih baik dari pada mengobati, itu kata iklan 
Ada baiknya dicegah dulu nih sebelum datang bulan bener-bener datang 
Quote:TIPS MENCEGAH NYERI SAAT DATANG BULAN
Quote:
1. Konsumsi vitamin E, vitamin B6, atau minyak ikan.
2. Konsumsi sayuran dan buah-buahan serta makanan rendah lemak.
3. Olahraga ringan secara teratur.


Itu cuma tips untuk kesehariannya sista yak 
Ini nih, kalau masih aja nyeri pada saat datang bulan. Cekidot 

Quote:MENGATASI NYERI DATANG BULAN
Quote:1. Minuman Hangat.
Banyak wanita yang mengaku bahwa nyeri atau sakit saat menstruasi berkurang jika mereka mengonsumsi minuman atau makanan hangat (atau hangat yang sedikit panas). Mengonsumsi jahe hangat atau sup bening hangat bisa menjadi pilihan sista-sista. Ane demen banget nih sama jahe (malah curhat )

Quote:2. Kompres Perut.
Sista-sista bisa memakai alat kompres khusus atau menggunakan handuk yang telah direndam air hangat dan diperas.

Quote:3. Berbaring
Terutama untuk sista yang mengalami nyeri punggung. Beri bantal untuk menyangga lutut, pejamkan mata, tarik napas panjang, buang perlahan. Lakukan terus sampai merasa nyaman.

Quote:4. Pijatan Lembut
Pijat secara lembut peerut bagian bawah (jangan keras-keras yak ) Bisa juga dengan mengoleskan minyak kayu putih

Quote:5. Minum Jamu
Indonesia kan punya macam-macam jamu nih, manfaatin dengan sebaik-baiknya yak  Coba minum jamu kunyit asam supaya tubuh lebih terlihat segar dan fit. Kalau jamu-jamu modern juga boleh misalnya kira**nti. Asal jangan banyak-banyak yak, soalnya tu jamu menimbulkan ketergantungan. Dan itu Jamu modern, You Know lah ya efek sampingnya. Kalau yg mau aman bikin jamu tradisional sendiri 

Quote:6. Olahraga Ringan.
Saat menstruasi datang dan tubuh tidak fit, olahraga ringan dapat mengatasi masalah tersebut. Olahraga ringan seperti berjalan atau senam yang dilakukan sebelum dan selama menstruasi dapat melancarkan aliran darah dan mengurangi rasa sakit dan membuat tubuh lebih segar.

Quote:7. Konsultasi ke Dokter.
Jika cara di atas tidak membantu atau nyeri yang sista alami. Dan nyeri nya sangat mengganggu aktivitas, segera konsultasikan ke dokter. Walaupun nyeri haid dialami hampir semua wanita dan merupakan hal yang wajar, beberapa nyeri yang sangat mengganggu bisa menjadi gejala awal masalah organ reproduksi. Pemeriksaan oleh ahli kesehatan sangat diperlukan untuk mencari apa penyebab nyeri yang sista alami.


sumber
sumber2

0 komentar:

Posting Komentar